E-Commerce adalah proses pembelian,
penjualan, atau pengantian produk, pelayanan dan informasi dengan menggunakan
jaringan internet. E-commerce berarti transaksi bisnis melalui
internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian.
Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan
pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing
over) kepemilikan dan hak atas produk atau jasa.
Jadi, e-commerce
merupakan bagian tak terpisahkan
dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan
kegiatan menjual dan membeli.
E-Business adalah adalah kegiatan
menjalin relasi dengan konsumen/ klien, bertukar data dalam satu Perusahaan
dengan menggunakan internet. Bertukar data dalam perusahaan itu contohnya jika
manajer pembelian PT X (kerja
di kantor pusat,misal Jakarta) ingin tahu data penjualan barang Y dari kantor
cabang di kota Ambon. Nah ia minta dikirimin datanya melalui internet. Dengan
cara ini lebih mudah, murah dan cepat. E-business sendiri merupakan perluasan
dari e-commerce , di mana tidak hanya pembelian dan pembayaran barang, dan
pelayanan, tetapi juga disertai pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner
bisnis dengan dukungan elektronik sebagai alat transaksi atau organisasi.
Perbedaan
Antara E-Bussiness dan E-Commerce
1. E-business mencakup area yang sangat luas,
mulai dari pembangunan modal, sumber daya manusia, sumber daya teknologi, proses
marketing dan pemasaran, manajemen perkantoran, proses audit, dan segala macam
elemen lainnya. Sedangkan, e-commerce hanya berfokus pada proses jual beli atau
pemindahtanganan yang dilakukan melalui proses transaksi secara elektronik di
sebuah situs.
2. E-commerce merupakan bagian kecil dari sebuah
e-business. Ibaratnya, apabila kita ibaratkan sebagai tubuh manusia, e-business
adalah seluruh tubuh manusia, sedangkan e-commerce hanyalah bagian tangan kiri
atau tangan kanan manusia saja.
3. E-commerce hanya membutuhkan spesifikasi dan
jga kemampuan analisa dari segi penjualan dan transaksi saja. Sedangkan
e-business membutuhkan pertimbanan matang dari berbagai aspek, mulai dari aspek
pemasaran, produksi, dan sebagainya.
Perbedaan
antara
LAN, MAN, dan WAN
LAN
(Local Area Network)
LAN adalah model jaringan komputer
yang mencakup area lokal/sempit seperti ruangan, rumah, gedung, dan sekolah.
Oleh karena itu, peralatan yang digunakan untuk membangun jaringan ini lebih
sederhana dibandingkan dengan MAN dan WAN. Proses pembuatan LAN minimal bisa
dilakukan dengan memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet berupa switch
berkecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps untuk sambungan kabel dan teknologi 802.11
b berupa WiFi untuk sambungan nirkabel.
MAN
(Metropolitan Area Network)
MAN adalah jaringan komputer yang
mencakup area lebih luas daripada LAN, namun lebih sempit dibandingkan dengan
WAN. Dengan kata lain, MAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan
beberapa LAN menjadi satu. Contoh dari MAN adalah jaringan komputer di dalam
kota dan kabupaten yang berjarak antara 10-50 km. Apabila area cakupannya lebih
dari 50 km, maka jaringan tersebut bisa dikatakan sebagai WAN. Pada dasarnya,
proses pembuatan MAN masih sama seperti LAN. Namun agar kecepatan transfer
datanya lebih tinggi dan tingkat keamanannya lebih terjamin,
peralatan-peralatan yang digunakan untuk membangun MAN ini pun memakai switch
atau WiFi yang lebih canggih.
WAN
(Wide Area Network)
WAN adalah jaringan komputer yang
mempunyai area cakupan paling luas. Tipe jaringan inilah yang diaplikasi pada
internet yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Untuk membangun
WAN, peralatan yang dibutuhkan masih sama seperti yang dipakai dalam LAN dan
MAN dengan tambahan router. Fungsi router adalah untuk mengatur arus lalu
lintas data agar bergerak secara cepat dan tidak saling bertabrakan, serta
menjamin keamanan data tersebut sampai di komputer tujuan. Sebenarnya selain
router, masih ada peralatan-peralatan lain yang mendukung proses pembuatan WAN,
antara lain repeater, gateway, dan bridge.
Belum ada tanggapan untuk "E-Bussiness dan E-Commerce, LAN, MAN, dan WAN"
Posting Komentar