E-Bussiness dan E-Commerce, LAN, MAN, dan WAN

E-Commerce adalah proses pembelian, penjualan, atau pengantian produk, pelayanan dan informasi dengan menggunakan jaringan internet. E-commerce berarti transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk atau jasa.
Jadi, e-commerce merupakan bagian tak terpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
E-Business adalah adalah kegiatan menjalin relasi dengan konsumen/ klien, bertukar data dalam satu Perusahaan dengan menggunakan internet. Bertukar data dalam perusahaan itu contohnya jika manajer pembelian PT X (kerja di kantor pusat,misal Jakarta) ingin tahu data penjualan barang Y dari kantor cabang di kota Ambon. Nah ia minta dikirimin datanya melalui internet. Dengan cara ini lebih mudah, murah dan cepat. E-business sendiri merupakan perluasan dari e-commerce , di mana tidak hanya pembelian dan pembayaran barang, dan pelayanan, tetapi juga disertai pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis dengan dukungan elektronik sebagai alat transaksi atau organisasi.

Perbedaan Antara E-Bussiness dan E-Commerce
1. E-business mencakup area yang sangat luas, mulai dari pembangunan modal, sumber daya  manusia, sumber daya teknologi, proses marketing dan pemasaran, manajemen perkantoran, proses audit, dan segala macam elemen lainnya. Sedangkan, e-commerce hanya berfokus pada proses jual beli atau pemindahtanganan yang dilakukan melalui proses transaksi secara elektronik di sebuah situs.
2. E-commerce merupakan bagian kecil dari sebuah e-business. Ibaratnya, apabila kita ibaratkan sebagai tubuh manusia, e-business adalah seluruh tubuh manusia, sedangkan e-commerce hanyalah bagian tangan kiri atau tangan kanan manusia saja.
3. E-commerce hanya membutuhkan spesifikasi dan jga kemampuan analisa dari segi penjualan dan transaksi saja. Sedangkan e-business membutuhkan pertimbanan matang dari berbagai aspek, mulai dari aspek pemasaran, produksi, dan sebagainya.

Perbedaan antara LAN, MAN, dan WAN

LAN (Local Area Network)

LAN adalah model jaringan komputer yang mencakup area lokal/sempit seperti ruangan, rumah, gedung, dan sekolah. Oleh karena itu, peralatan yang digunakan untuk membangun jaringan ini lebih sederhana dibandingkan dengan MAN dan WAN. Proses pembuatan LAN minimal bisa dilakukan dengan memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet berupa switch berkecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps untuk sambungan kabel dan teknologi 802.11 b berupa WiFi untuk sambungan nirkabel.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang mencakup area lebih luas daripada LAN, namun lebih sempit dibandingkan dengan WAN. Dengan kata lain, MAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan beberapa LAN menjadi satu. Contoh dari MAN adalah jaringan komputer di dalam kota dan kabupaten yang berjarak antara 10-50 km. Apabila area cakupannya lebih dari 50 km, maka jaringan tersebut bisa dikatakan sebagai WAN. Pada dasarnya, proses pembuatan MAN masih sama seperti LAN. Namun agar kecepatan transfer datanya lebih tinggi dan tingkat keamanannya lebih terjamin, peralatan-peralatan yang digunakan untuk membangun MAN ini pun memakai switch atau WiFi yang lebih canggih.

WAN (Wide Area Network)
WAN adalah jaringan komputer yang mempunyai area cakupan paling luas. Tipe jaringan inilah yang diaplikasi pada internet yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Untuk membangun WAN, peralatan yang dibutuhkan masih sama seperti yang dipakai dalam LAN dan MAN dengan tambahan router. Fungsi router adalah untuk mengatur arus lalu lintas data agar bergerak secara cepat dan tidak saling bertabrakan, serta menjamin keamanan data tersebut sampai di komputer tujuan. Sebenarnya selain router, masih ada peralatan-peralatan lain yang mendukung proses pembuatan WAN, antara lain repeater, gateway, dan bridge.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "E-Bussiness dan E-Commerce, LAN, MAN, dan WAN"

Posting Komentar